Apa Itu Maklon ?

maklon

Maklon adalah sebuah kegiatan manufaktur produk yang dilakukan seseorang atau sebuah perusahaan untuk memenuhi permintaan pihak lain. Kata ini sendiri berasal dari bahasa Belanda makloon, yang artinya sama dengan istilah cut make trim (CMT).

Definisi Resmi Maklon

Tertulis pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-70/PJ/2007 adalah jasa maklon adalah pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa (disubkontrakkan), yang spesifikasi, bahan baku dan atau barang setengah jadi dan atau bahan penolong/pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya disediakan oleh pengguna jasa, dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa

Ingin Bekerja Sama Dalam Pembuatan Obat Herbal Dengan Kami?

Transaksi maklon umumnya dilakukan oleh dua pihak, yaitu pengguna jasa dan pemberi jasa sebagai sub-kontraktor. Sebuah transaksi jasa bisa dikategorikan sebagai jasa maklon jika memenuhi dua buah persyaratan, yaitu:

1. Persyaratan barang yang akan diproduksi dibuat oleh pihak pengguna jasa
2. Barang yang sudah diproduksi dimiliki pihak pengguna jasa, baik sebagian atau seluruhnya

Industri obat herbal di Indonesia tumbuh cukup tinggi. Kondisi ini membuat banyak kaum milenial yang tertarik untuk terjun ke bisnis obat herbal dan personal care. Perusahaan yang menjalin kerjasama dengan maklon, biasanya tidak mau menghabiskan sumber dayanya pada proses produksi produk, termasuk riset produk dan perizinan BPOM atau sertifikasi CPOTB.

Lalu apa kelebihan-kelebihan lain yang bisa dirasakan jika bekerja sama dengan maklon? Berikut beberapa kelebihannya:

1. Tidak perlu mengurus karyawan (bidang produksi), baik mengurus cuti, penilaian kinerja, pengembangan karyawan, pembayaran, atau kesejahteraan mereka.

2. Tidak memikirkan efisiensi penggunaan kapasitas pabrik. Jumlah produk yang diperlukan dapat dipenuhi, tanpa pusing memikirkan efisiensi penggunaan pabrik.

3. Menghilangkan proses riset produk. Pilihlah maklon personal care yang memiliki tim riset dan pengembangan produk terbaik. Sehingga Anda tak perlu lelah menjalani proses riset dan pengembangan produk Anda.

4. Mempersingkat waktu, jika Anda memutuskan untuk memasarkan produk yang sudah jadi.

5. Memfokuskan sumber daya untuk memasarkan dan menjual produk. Menyerahkan tanggung jawab produksi produk, membuat kita bisa memfokuskan sumber daya perusahaan lebih besar untuk membangun strategi pemasaran dan penjualan.

6. Menghemat modal. Sebab Anda tidak perlu membangun fasilitas pengembangan dan produksi produk.

7. Tidak perlu mengurus perizinan seputar produksi produk, seperti perizinan BPOM, legalitas produk, atau sertifikasi halal MUI.

8. Meminimalisir resiko gagalnya produk. Bekerjasama dengan perusahaan jasa maklon yang berpengalaman, dapat memperkecil kegagalan produk.

Alur Maklon PT. Genta Niaga Wijaya

Maklon
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *