Tanaman Herbal Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tanaman Herbal Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

jamu tradisional tanaman herbal obat herbal

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Salah satunya adalah dengan suplemen kesehatan termaksud jamu ataupun tanaman herbal. Tanaman herbal diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh apa lagi dimasa pandemi seperti ini, berikut merupakan tanaman herbal yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh :

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan cucurmin yang terdapat didalam kunyit diyakini menghambat aktivitas virus salah satunya Covid-19.

Melansir Majalah Warta HortusMed Edisi 1 tahun 2020 terbitan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kemenkes RI, Ahli Peneliti Utama B2P2TOOT, Yuli Widiyastuti, menjelaskan curcumin yang terkandung dalam kunyit dapat bersifat sebagai imunomodulator (meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh) dan anti-inflamasi.

Dalam saintifikasi jamu dan di Rumah Riset Jamu Hortus Medicus B2P2TOOT Tawangmangu, temulawak, kunyit, dan meniran merupakan tanaman obat yang mampu meningkatkan kebugaran.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat dikenal oleh masyarakat. Jahe sering digunakan untuk bumbu masakan dan juga racikan untuk menghangatkan tubuh.

Jahe mengandung minyak atsiri yang komponen utamanya adalah gingerol dan shogaol. Senyawa ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Senyawa tersebut dapat membantu menurunkan resiko dan menghambat pertumbuhan bakteri dan juga virus.

Jahe juga baik diminum dikala batuk dan pilek menyerang. Hal ini karena rasa hangat yang dihasilkan dari jahe membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Jahe juga memiliki sifat diaforetik, yang artinya dapat mendorong keluarnya keringat sehingga gejala “masuk angin” yang dialami seseorang menjelang batuk dan pilek akan mereda setelah minum “wedang jahe”.

3. Bawang Putih

Tanaman dengan nama ilmiah Allium Sativum ini telah dikenal memiliki berbagai macam manfaat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, seperti menjanga kesehatan dengan meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, bahkan bisa meningkatkan gairah dalam bercinta.

Jika diperhatikan lebih mendalam lagi, bawang putih ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan yang mengesankan. Bawang putih juga mengandung allicin yaitu sebuah komponen yang mampu menghancurkan infeksi dan bakteri.

Tanaman Herbal Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Send Us A Message

Kami mengembangkan produk asli lokal go global. Membangun kemitraan dengan industri kreatif marketing digital dan perusahaan distribusi.

Hubungi Kami