Kesehatan Hati Perlu Dijaga !, Makanan Atau Minuman Yang Bikin Hati Sehat

5 Makanan Atau Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Hati

kesehatan hati

Hati merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia, hati memiliki peran yang pernting bagi tubuh kita, diantaranya adalah memproduksi protein.

Selain itu, hati juga menyimpan vitamin, mineral dan juga karbohidrat dalam tubuh. Hati juga memecah berbagai zat beracun yang tidak baik bagi tubuh seperti alkohol dan obat obatan dari metabolisme tubuh.

Oleh karena itu penting untuk menjaga hati agar tetap dalam konsidi sehat. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjaga hati tetap sehat adalah dengan memakan atau meminum sesuatu yang baik untuk hati. Berikut makanan atau minuman yang baik untuk kesehatan hati.

1. Kopi
ngopi kesehatan hati

Kopi adalah salah satu minuman terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan hati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopu dalam takaran tertentu dapat melindungi hati, bahkan untuk orang yang sudah terkena penyakit pada hatinya.

Selain itu kopi juga mengurangi resiko terkena kanker dan terjadinya peradangan. Kopi juga dapat mengurangi resiko kematian pada orang dengan penyakit hati kronis, berdasarkan penelitian berjudul “Coffe and Liver Disease”.

Manfaat ini berasal dari kemampuan kopi untuk mencegah penumpukan lemak dan kolagen dalam tubuh yang merupakan dua penyebab utama terjadinya penyakit hati.

2. Teh
kesehatan hati

Teh memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Teh juga memiliki manfaat khusus untuk hati.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dijepang, menemukan bahwa minum 10 cangkir teh hijau setiap hari dapat meningkatkan kesehatan hati. Selain itu mengkonsumsi teh dalam 12 minggu dapat meningkatkan kadar enzim hati didalam tubuh serta mengurangi stress oksidatif dan timbunan lemak didalam hati.

3. Jeruk Bali
kesehatan hati

Jeruk bali mengandung antioksidan yang dapat melindungi hati. Ada dua kandungan antioksidan yang ditemukan didalam jeruk bali yaitu naringenin dan naringin.

Penelitian yang dilakukan pada hewan telah menemukan bahwa keduanya membantu melindungi hati dari kerusakan. Efek perlindungan dari jeruk bali diketahui terjadi dalam 2 cara, yakni membantu mengurangi perangan dan melindungi sel.

4. Buah Bit
kesehatan hati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah bit merupakan sumber nitrat dan antioksidan yang disebut betalains, ini merupakan zat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah bit dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan di hati, serta meningkatkan enzim detoksifikasi alami.

5. Anggur

Anggur, terutama yang merah dan unggu, mengandung banyak senyawa tanaman yang bermanfaat untuk tubuh. Anggur mengandung resveratol, yakni fenol alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sebuah studi menemukan bahwa anggur dapat mengurangi peradangan, mencegah kerusakan serta meningkatkan kadar antioksidan.

Kesehatan Hati Perlu Dijaga !, Makanan Atau Minuman Yang Bikin Hati Sehat

Send Us A Message

Kami mengembangkan produk asli lokal go global. Membangun kemitraan dengan industri kreatif marketing digital dan perusahaan distribusi.

Hubungi Kami