Jasa Maklon : Cara Kerja Hingga Manfaat Yang Didapatkan

Jika ingin membuat brand dengan nama sendiri, kamu bisa menggunakan jasa maklon untuk memudahkan proses produksi hingga legalitasnya. Industri di Indonesia semakin berkembang, tapi masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang jasa ini dan mengira bahwa proses produksi sbuah produk akan sangat rumit dan panjang. Sebelum memulai bisnisnya, yuk ketahui selengkapnya tentang jasa pembuatan produk tersebut.

Apa Itu Maklon?

Maklon adalah kegiatan manufaktur produk yang dilakukan sebuah perusahaan yang dilakukan sesuai permintaan pihak lain. Istilah lainnya adalah makloon atau maklun.

Arti kata maklon dalam KBBI adalah upah membuat pakaian, perhiasan, dan sebagainya. Kata ini pada dasarnya adalah adalah serapan dari bahasa Belanda, yaitu Maakloon, yang memiliki arti Manufacturing Fee atau biaya produksi.

Istilah ini awalnya paling dikenal dalam industri kosmetik. Maklon kosmetik adalah perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan produk kecantikan seperti Skin Care dan Make Up.

Meskipun begitu pada dasarnya istilah maklon juga berlaku pada industri lain. Ada juga maklon fashion, minuman atau pun makanan sampai produk herbal. Intinya jasa maklon adalah jasa yang membantu kamu dalam proses produksi sebuah produk sehingga kamu tidak perlu membangun pabrik sendiri.

Cara Kerja Maklon

Seperti yang kita ketahui bersama proses pembuatan sebuah produk memang dapat dikatakan cukup rumit. Bukan hanya membutuhkan sumber daya manusia, kamu juga membutuhkan berbagai alat hingga laboratorium dalam proses pengembangan produknya.

Hal ini lah yang membuat jasa tersebut laku dalam industri ini. Ketimbang harus membuat pabrik dengan biaya yang tinggi, tentu akan lebih aman jika menyerahkan proses produksi kepada pihak lain yang sudah memiliki sarana yang lebih memadai.

Selain mengurus soal produksi, penyedia jasa maklon juga biasanya mengurus perizinan produk. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu indikator produk aman digunakan adalah adanya izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Maka dari itu, pemilik brand harus mengurus hal ini. 

Apabila menggunakan jasa maklon yang sudah lulus BPOM, pastinya brand kamu juga akan lebih mudah mendapatkan perizinan. Selain izin edar BPOM, jasa ini juga bisa membantu kamu mendapatkan sertifikasi halal.

Hal yang perlu kamu lakukan hanya memberikan konsep tentang produk yang ingin kamu buat. Kamu juga bisa memberikan produk yang sudah ada di pasaran untuk dijadikan acuan.

Setelahnya itu pihak penyedia jasa maklon akan membuat contoh produk dari konsep yang sudah dijelaskan. Apabila kamu sudah cocok dengan produknya, barulah produk akan diproduksi secara masal.

Biaya Dan Waktu Proses Maklon

Biaya minimum yang dibutuhkan bergantung pada jenis produk yang dibuat dan setiap perusahaan juga dapat berbeda-beda.

Ada perusahaan yang menawarkan biaya mulai Rp. 25.000.000,-. Proses pembuatan sampel produk biasanya memakan waktu 7-14 hari. Proses perizinan memakan waktu berbeda – beda, dalam jenis produk kosmetik biasanya memakan waktu selama lebih kurang 2 bulan, sementara untuk produk herbal biasanya 3-4 bulan. Lalu untuk produksinya bisa memakan waktu sekitar 1 bulan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa banyak pemilik brand yang mengandalkan jasa ini untuk proses produksi produk mereka. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan jasa maklon :

Mempermudah Proses Perizinan

Proses untuk mendapatkan izin edar BPOM dan sertifikasi halal membutuhkan proses yang panjang. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk mengurusnya.

Pastinya akan sulit untuk fokus pada penjualan apabila kamu sibuk untuk mengurus hal ini. Tentu akan lebih baik menggunakan akan jasa maklon sehingga dalam waktu kurang lebih 6 bulan saja kamu sudah bisa memasarkan produk tersebut tanpa harus lagi khawatir soal lisensi.

Tidak Khawatir Soal Tempat Produksi Dan SDM

Memproduksi produk dalam jumlah banyak tentu membutuhkan tempat produksi dan banyak sumber daya manusia. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai tempat produksi, pencarian bahan baku, dan proses produksinya. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu mencari sumber daya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan kamu karena semua sudah diurus oleh pihak yang lebih profesional. Tentunya ini bisa jadi cara untuk menghemat waktu dan uangmu.

Modal Minimal

Kamu bisa memiliki brand sendiri dengan modal mulai dari Rp25.000.000,-. Tentunya jumlah uang tersebut tidak akan cukup apabila kamu memaksakan diri untuk memproduksi barang sendiri karena biaya membuat pabrik kosmetik tentunya jauh melebihi angka tersebut.

Lebih Mudah Menghitung Keuntungan

Jika kamu harus mengurus proses produksi, perhitungan dan rencana keuangan bisnis kamu juga akan jauh lebih panjang dan rumit. Menentukan harga jual produk pun juga jadi membutuhkan proses yang lebih panjang.

Apabila kamu cukup membayar sekali untuk mendapatkan ratusan produk, kamu jadi lebih mudah menghitung biaya produksi dan menentukan harga jual. Selanjutnya kamu pun jadi lebih mudah dalam menghitung estimasi keuntungan yang akan didapat.

Fokus Dengan Pemasaran

Tidak ada artinya memiliki produk bagus tanpa bisa memasarkan produk tersebut. Jika proses produksi sudah diurus oleh pihak maklon, kamu pun bisa lebih fokus untuk memasarkan produk dan membangun brand awareness.

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan brand-mu. Jangan lupa juga buat website toko online untuk meningkatkan kredibilitas brand, memudahkan transaksi, dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Sangat mudah dan gak ribet. Maklon memudahkan para pemilik bisnis dan orang – orang yang ingin membangun bisnis mewujudkan impiannya. GNW merupakan salah satu penyedia jasa maklon, tidak hanya maklon herbal GNW juga menyediakan jasa maklon produk kecantikan. 

Sudah siap untuk memulai dan mewujudkan brand produk impian Anda? Hubungi kami.

Jasa Maklon : Cara Kerja Hingga Manfaat Yang Didapatkan

Send Us A Message

Kami mengembangkan produk asli lokal go global. Membangun kemitraan dengan industri kreatif marketing digital dan perusahaan distribusi.

Hubungi Kami