Tips Aman Konsumsi Obat Herbal

Tips Aman Konsumsi Obat Herbal

jamu tradisional tanaman herbal obat herbal

Obat herbal adalah obat yang dibuat dari bahan alam, baik tumbuhan, hewan atau mineral. Sebagian besar bahan alami yang digunakan memang aman untuk dikonsumsi. Walaupun demikian, obat herbal tetaplah obat, beberapa herbal berpotensi menimbulkan efek samping. Kalian dapat mengetahui efek samping yang mungkin terjadi biasanya tercantum pada kemasan produk obat herbal. Berikut ada beberapa tips agar kalian tidak mengalami efek samping dari penggunaan obat herbal.

Memeriksa Tanggal Kadaluwarsa

Sebelum menkonsumsi obat herbal apa saja, sangat penting untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa pada kemasan obat. Ini mencegah efek buruk pada tubuh yang mungkin ditimbulkan akibat konsumsi obat yang sudah kadaluwarsa, seperti keracunan, sakit perut, mual, pusing, dan lain sebagainya.

Memeriksa Produk Sudah Terdaftar di BPOM RI

Setiap herbal yang beredar di masyarakat dibawah pengawasan BPOM. Pada setiap kemasan obat yang beredar terdapat nomor registrasi BPOM. Namun, ada tidaknya nomor BPOM, tidak menjamin herbal itu sudah memiliki izin BPOM. Masih banyak kasus salah guna oleh pihak tak berwenang. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk selalu lebih cermat dan teliti. Caranya, kalian dapat mengeceknya langsung di situs resmi BPOM. Jika nomor registrasi pada kemasan obat tidak terdaftar, itu artinya kalian perlu berhati-hati dan mempertimbangkannya sebelum mengkonsumsi produk tersebut.

Mengikuti Prosedur dan Dosis Pemakaian

Setiap kemasan obat memiliki petunjuk dan dosis pemakaian. Kalian wajib membaca detail anjuran pemakaian sebelum mengkonsumsinya. Pentingnya membaca sebelum mengkonsumsi sangat dianjurkan dalam hal ini. Hindari konsumsi obat melebihi dosis yang dianjurkan untuk menghindari efek samping dan terjadinya overdosis

Konsultasi pada Dokter Sebelum Pemakaian Obat

Petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan obat banyak yang tidak terlalu detail. Untuk itu, kalian dapat konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Terutama bagi kalian yang memiliki kondisi khusus atau alergi pada bahan-bahan tertentu.

Menghentikan Pemakaian Apabila Terjadi Gejala Negatif Atau Kondisi Semakin Memburuk

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda pada bahan herbal. Orang A cocok, namun belum tentu cocok di orang B. Cocok atau tidaknya ditandai dengan efek samping atau alergi yang ditimbulkan. Sebaiknya, kalian menghindari obat yang memberikan efek samping negatif. Jangan menunggu efek semakin memburuk.

Tips Aman Konsumsi Obat Herbal

Send Us A Message

Genta Niaga Wijaya

Kami mengembangkan produk asli lokal go global. Membangun kemitraan dengan industri kreatif marketing digital dan perusahaan distribusi.

Hubungi Kami